Program Wakaf Ikan

12.30 |

Sahabat Daarul Qur’an Al Kautsar yang dicintai Allah, kita gak salah punya keinginan memiliki mobil mewah, rumah megah dan hidup serba berkecukupan, Cuma kita harus ingat bahwa semua keinginan yang telah kita raih itu akan kita tinggalkan tak ada satupun yang tersisa kecuali apa-apa yang telah kita sedekahkan kepada keluarga kita dan kepada saudara-saudara kita yang sedang berupaya membangun Generasi Penerus Risalah Islam untuk kemuliaan Islam dan Kaum Muslimin.

Alhamdulillah  Yayasan Daarul Qur’an Al Kautsar membawahi sebuah Pesantren Tahfidh Al-Qur’an di Cibinong, Bogor Jawa Barat, Pesantren ini cukup potensial karena memiliki Aset sebuah Masjid dan satu buah rumah sebagai Asrama Santri/Anak Asuh dan Empang / Kolam, total luas keseluruhan kurang lebih 3000 m2. Setelah menganalisis semua potensi yang ada, akhirnya kita berinisiatif bagaimana caranya Pesantren ini bisa mandiri dengan mendayagunakan potensi yang ada.

Sahabat… ternyata IKAN bisa kita jadikan Program Wakaf lho ! ah masa ? iya bener !, begini… saat ini kita punya 7 buah Kolam Ikan dengan kapasitas 1000 ekor per kolam berarti 7 kolam kita bisa pelihara 7000 ekor . kita akan tanam IKAN GURAME, kenapa Gurame ? karena Gurame adalah hewan Herbivora stock pakannya sangat mudah kita dapatkan disekitar kita sehingga dapat meminimalisir biaya pakan jadi (pelet).

Baik, mari kita hitung prospektif WAKAF nya :
Nilai Wakaf  1 ekor Ikan Gurame hanya Rp.10.000,- dengan rincian Rp.4000,- untuk bibit usia 4 bulan dan 7000 untuk pakan jadi (pelet) per ekor selama 5-6 bulan dan untuk pakan tambahnnya kita serahkan ke Anak Asuh/Santri untuk investasi menanam 5 pohon Sente siap tebang  untuk  1 ekor Gurame, jadi total modal per ekor dari tanam sampai panen selama 5 bulan =Rp.10.000,-, harga jual ketika panen dengan berat 1 kg per ekor paling murah Rp.25.000,- jadi ada keuntungan Rp.15.000,-. Per ekor.

Apa yang terjadi ketika kita menanam 1000 ekor setiap bulan selama enam bulan yang ditenagai semuanya oleh Anak Asuh/Santri kita ? maka kita akan mendapatkan income Rp.15.000.000,- per bulan dan ini bisa untuk membiayai pendidikan dan pembinaan Anak Asuh/Santri  Penghafal Al-Qur’an sebanyak 15-20  anak dengan fasilitas yang cukup memuaskan. Sekaligus memberikan pengalaman langsung pendidikan kewirausahaan yang sangat berharga bagi anak-anak asuh/Santri kita.  Apakah pendapatannya bisa ditingkatkan lagi ? oh tentu bisa, jika kita buat tumpang sari dengan IKAN TERAPI Lokal (nilem), maka kalo ada 50 orang saja setiap hari dengan tarif Rp.2000,- kita akan dapatkan tambahan Rp.3.000.000,- per bulan, masih bisa ditingkatkan lagi ? oh tentu, kita buat rekreasi  PEMANCINGAN IKAN GURAME BAKAR DITEMPAT, maka harga per kilonya bisa naik sampai Rp.50.000,-

Lho kan ada resiko kematian yang tinggi untuk Ikan Gurame ? betul gak salah, supaya meminimalisir kebangkrutan karena musibah penyakit, kita akan Tumpang Sari dengan Ikan Mujaher yang tahan banting itu di bulan ketiga setelah tanam Ikan Gurame. Jadi minimal balik modal dan dana wakaf tatap selamat
Bagaimana ? asyik kan ? ya hanya dengan menyisihkan WAKAF Rp.10.000,- saja kita telah ikut berpartisipasi menyiapkan Generasi Qur’ani dari kalangan Yatim dan Dhu’afa,  ya… SELAMA IKAN KITA DITANAM SELAMA ITU PULA GENERASI QUR’ANI YANG TANGGUH AKAN TUMBUH DAN BERKEMBANG, Allahu Akbar !

Sahabat, tunggu apa lagi, Cuma 10 ribu perak lho ! katakan BISA maka PASTI AKAN BISA.so…. Mulailah dari yang terkecil maka yang terbesarpun akan kita raih, PASTI !.  Kita bisa ikutan Wakaf mulai dari SATU EKOR, DUA EKOR, TIGA EKOR dan seterusnya……
Bagi yang berminat langsung datang ke Kantor / Pesantren atau transfer ke Rekening RYI, lalu konfirmasi SMS dengan mengetik “ BISMILLAH, NAMA, NIAT WAKAF IKAN …..EKOR KARENA ALLAH UNTUK GENERASI QUR’ANI” kirim ke 02133365632 atau 089668355443 

Ketika ini kita lakukan, maka yakinlah…… ayat demi ayat yang terlantun dari lisan anak-anak Asuh/ Santri kita yang setiap saat mengalun akan mengalir menembus kerak-kerak dosa kita menjadi pahala yang kekal yang siap membantu kita keluar dari kemelut problematika Dunia kita saat ini hingga memadamkan panasnya Api Neraka kita kelak.

“ Segala apa yang ditangan kita PASTI LENYAP dan segala sesuatu yang sudah kita serahkan dan sampai  disisi Allah PASTI KEKAL untuk kita ”  (Qs An-Nahl 96)


Hormat kami,
Yay Daarul Qur’an Al Kautsar Cibinong


Munawir Baddu
Ketua



 


Rekening Yayasan Daarul Qur'an Al Kautsar Cibinong

Bank BCA
No. Rek   : 167 300 9275
Atas Nama : Yay Daarul Quran Al Kautsar

Bank BNI
No. Rek   : 0255 493 839
Atas Nama : Yayasan Daarul Quran Al Kautsar Cibinong

0 komentar: